4 Tersangka Korupsi asal Sangihe Dititip di Rutan Malendeng

Berkas perkara kasus pengadaan 25 unit Rumpon di Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Sangihe Tahun Anggaran (TA) 2015, akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Manado, untuk proses persidangan, dalam waktu dekat ini.

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri Sangihe, Muhamad Irwan Datuinding SH MH, selain berkas, empat tersangka masing-masing, SO, ET, TH dan AM, juga akan dititip di Rumah Tahanan (Rutan) Malendeng. “Berkasnya sudah siap, dan dalam waktu dekat akan kita limpahkan ke Pengadialan Tipikor Manado,” kata Datuinding yang turut didampingi Kasi Pidsus Agustinus Dian Leo Saputra SH, dan Kasi Intel, I Wayan Gadin A SH MH.

Dikesempatan yang sama, Datuinding juga memperlihatkan barang bukti uang senilai Rp536 juta, yang merupakan temuan BPK RI dan Inspektorat dikembalikan pihak PT Inti Karya Sejati selaku kontraktornya. “Nantinya uang tersebut akan dikembalikan ke kas negara, setelah ada keputusan hukum dari Pengadilan Tipikor,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskannya, penetapan tersangka terhadap SO sebagai PPKOM proyek tersebut beserta dua staf DKP Sangihe, karena terbukti menyalahi aturan, dalam pembuatan dokumen hingga dananya bisa dicairkan hingga seratus persen, padahal pekerjaan fisiknya baru 57,7 persen. “Memang, ketiganya tidak terbukti menyelewengkan uang negara, tetapi akibat menyalah-gunakan wewenang dengan membuat dokumen hingga dananya bisa dicairkan seratus persen meski pekerjaan fisiknya bari 57,7 persen,” tandasnya.

Ditambahkannya pula, kemungkinan akan ada tersangka lainya dalam kasus tersebut, bisa saja terungkap pada proses persidangan nanti. “Lihat saja nanti, siapapun dia, jika namanya disebutkan dalam proses persidangan nanti, pasti akan kami tindaklanjuti,” tegasnya.

Terpisah, SO mengaku siap untuk menjalankan proses hukum. “Yang pasti, kami bertiga tidak pernah menerima uang sepeser pun dari proyek itu,” ujar SO dengan suara lantang. Sekedar diketahui, proyek pengadaan 25 unit rumpon di DKP Sangihe TA 2015 itu, berbandrol Rp3,5 miliar. (nal)

No Response

Leave a reply "4 Tersangka Korupsi asal Sangihe Dititip di Rutan Malendeng"