Kejati Sulut

KAJATI SULUT DAMPINGI MENTERI PERTANIAN SELAMA KUNJUNGAN KERJA SATU HARI DI SULUT

Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kajati Sulut) Andi Muh Iqbal Arief, SH.MH mendampingi Menteri Pertanian R.I DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.M.Si,MH selama berada di Sulawesi Utara dalam Kunjungan Kerjanya Minggu (30/8/2020).

Menteri Pertanian bersama beberapa pejabat eselon I Kementerian Pertanian dan rombongan tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado pada pukul 12.30 WITA dengan pesawat khusus dan langsung dijemput oleh Kajati Sulut Andi Muh Iqbal Arief, SH.MH bersama jajaran Forkopimda Sulut yaitu Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos  Matondang, Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen mewakili Gubernur Sulut,  Danlantamal VIII Brigjen TNI (Mar) Donal Philips Rompas dan Kombes Pol Drs. Ahmad Alwi, M.M (Irwasda Polda Sulut). Turut hadir Asisten II Provinsi Sulut Praseno Hadi, Kadis Pertanian dan Peternakan Sulut Novly Wowiling beserta jajarannya.

Dari Bandara Sam Ratulangi Manado Menteri Pertanian didampingi Kajati Sulut dan rombongan melakukan beberapa kegiatan yang dimulai dari kegiatan panen Jagung, tanam kedelai dan tanam kelapa di Tontalete Minahasa Utara. Terlihat Menteri pertanian dan anggota Forkopimda melakukan kegiatan panen jagung, menanam kedelai dan kelapa secara serentak dan bersemangat sebagai bagian dari kebersamaan dalam membangun daerah Sulut dalam bidang pertanian yang modern. Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan lembaga perbankan dalam rangka meningkatkan produksi pertanian dan tanaman pangan.

Dalam sambutanya Menteri Pertanian DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.M.Si,MH mengatakan bahwa dalam keadaan Covid-19 saat ini Bidang Pertanian tetap dapat dilaksanakan dengan adanya hasil yang ada sekarang. Untuk itu menteri berharap kedepan dapat ditingkatkan lagi  hasilnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan diakhiri dengan melakukan kunjungan ke Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan Palma, Balitbangtan Kementerian Pertanian di Mapanget Kota Manado. Dalam kunjungan tersebut Menteri Pertanian meninjau kelapa unggul dan kelapa eksotik yang cepat berbuah dan lambat bertambah tinggi, produk olah kelapa dan unit pengolahan VCO. Selain itu melakukan melepas ekspor produk tepung kelapa dari PT. Royal Coconut.

Selesai kegiatan dan kunjungan kerja selama 1 (satu) hari ini, Menteri Pertanian bersama rombongan kembali ke Makasar melalui Bandara Sam Ratulangi Manado pada pukul 18.30 WITA dan tetap didampingi Kajati Sulut beserta rombongan pada saat meninggalkan Sulut.

Bahwa berkenaan dengan COVID-19 maka kunjungan kerja Menteri Pertanian tidak dilakukan acara serimonial, tidak ada pengerahan massa, jumlah yang hadir dibatasi, jumlah kendaraan dibatasi dan tetap mengikuti tertib protocol COVID-19 (APD dan Physical Distancing).