Kejati Sulut

Kejari Bitung Teken MoU dengan Pelabuhan Terminal Petikemas Bitung

Bitung – PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Terminal Petikemas Bitung menandatangani MoU dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bitung tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara (datun).

Penandatanganan dilakukan GM PT. Pelindo IV Terminal Petikemas Bitung Muhammad Ayub Rizal dengan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bitung Frenkie Son SH MM MH.

Kesepakatan bersama yang berlangsung Selasa (25/8/2020) di Aula Kantor Kejari Bitung ini, bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi Pelindo IV khususnya Terminal Petikemas Bitung, serta untuk meningkatkan efektifitas penyelesaian masalah hukum dalam bidang Perdata dan Tata Usaha Negara baik di dalam maupun di luar pengadilan.

GM PT. Pelindo IV Terminal Petikemas Bitung Muhammad Ayub Rizal mengatakan, kesepakatan bersama ini bukan sebuah formalitas tetapi merupakan suatu hal yang penting yang akan menjadi acuan dalam melakukan proses yang berkaitan dengan bidang perdata dan tata usaha negara di Pelabuhan Terminal Petikemas Bitung.

Menurutnya, Program-program Pelindo IV yang sifatnya penting, seperti pendayagunaan aset maupun program kerja strategis, harus mendapatkan review dan pendapat hukum terlebih dahulu dari Kejari Bitung. “Sehingga kedepannya pemanfaatan, pendayagunaan maupun pengelolaan aset negara dapat lebih baik lagi,” tukas Ayub.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bitung Frenkie Son SH MM MH mengapresiasi Pelindo IV khususnya Terminal Petikemas Bitung atas penandatanganan kesepakatan bersama ini. “Suatu kebanggaan tersendiri bagi Kejari Bitung karena Pelindo IV kembali memberikan kepercayaan khususnya dalam menangani permasalahan dalam bidang perdata dan tata usaha negara, dan turut serta dalam mengawal program-program strategis negara,” ucapnya.

Kajari Frenkie kembali menegaskan, bahwa ruang lingkup dari MoU yang ditandatangani ini adalah dalam Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara, yang meliputi bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lain dengan tujuan melakukan pemulihan atau penyelamatan keuangan, kekayaan dan asset serta permasalahan lain dalam bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara yang dihadapi oleh Pelabuhan Terminal Petikemas Bitung.

Kegiatan ini turut dihadiri, Manager Operasional Terminal Petikemas Bitung Wahyudin, Manager Keuangan Everly Mataheru, Manager SDM dan Umum Johan Setyawan, Manager Transformasi Syafri, Kasi Perdata dan TUN Devi Anggreta SH, Kasi Intelijen Budi Kristiarso SH dan Kasi Barang Bukti Kejari Bitung Arif Yuli Haryanto SH.(ray/humas)

Sumber : Kejari Bitung