Kejari Bitung Hadiri Peringatan HANI 2020 di BNN Bitung

Bitung, Sulut – Kepala Kejaksaan Negeri Bitung, Frenkie Son SH MM MH yang diwakili oleh Kasi Intelijen Kejari Bitung, Budi Kristiarso SH MH menghadiri Puncak Peringatan Hari Anti Narkotika International (HANI) Tahun 2020, yang secara serentak diperingati secara Nasional via Video Confrence (Vidcon), Jumat (26/6/2020) bertempat di Ruang Video Conference (Vidcon) Badan Narkotika Nasional (BNN) Bitung.

Peringatan Hari Anti Narkotika International (HANI) dengan Tema,” Hidup 100% di Era New Normal (Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba) dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Kepala BNN Irjen Pol Heru Winarko dan Menteri PAN-RB Tjahyo Kumolo bersama Kepala BNNP se-Indonesia didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Di Kota Bitung, juga hadir dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Bitung Maximilian J. Lomban, Ketua DPRD Kota Bitung Aldo Runtungalo, Kepala BNN Kota Bitung dr. J.Tommy Sumampow, Waka Polres Kompol Marganda Aritonang SIK, Asisten 1 Pemkot Kota Bitung Franky Ladi STTP, Asisten 2 Pemkot Bitung Drs Jeffy Wowiling, Staff Ahli Bidang Hukum Pemkot Bitung Tommy Sumakul, Pasi Intel Kodim Bitung Kapten Inf John Datangmanis, Pengadilan Negeri Bitung, Habson Batubara, Kasat Narkoba Polres Kota Bitung AKP Jemmy Lewu dan Camat Matuari Bpk Jefferson Sumampow STTP.

Dalam acara tersebut, Kepala BNN RI Komjen Pol Drs Heru Winarko SH mengatakan, bahwa kegiatan P4GN sangat berguna bagi masyarakat guna mencegah peredaran dan penggunaan masyarakat. Sehingga masyarakat mempunyai ketahanan dalam mencegah penggunaan dan peredaran Narkoba.

“BNN berupaya untuk meningkatkan penanggulangan masuknya Narkoba ke Indonesia baik melalui transportasi darat, laut dan udara. Dengan demikian BNN dapat mengungkap 35 kasus Nakotika jaringan International. Marilah kita tingkatkan P4GN guna mencegah dan memerangi Narkoba di Indonesia baik dari dalam maupun dari luar Negeri,” ucapnya.

“Tindakan kejahatan narkoba merupakan ancaman kemanusiaan yang harus kita perangi bersama. Sehingga, kerjasama dari semua pihak diperlukan untuk menanganinya. Heru juga mengajak masyarakat untuk menyadarkan anak muda sebagai generasi penerus bangsa guna menjalani hidup yang lebih baik yakni hidup sadar, sehat dan produktif, bahagia tanpa narkoba,” tambah Heru.

Dalam kesempatan itu, Menteri PAN-RB Tjahyo Kumolo sekaligus melakukan penandatangan Peraturan Bersama 13 K/L Secara Virtual terkait Website aduannarkoba.bnn.go.id

Sementara, Kepala BNNP Sulut Brigjen Pol Victor Jefri Lasut di kantor BNNP Sulut didampingi Forkompimda mengatakan masyarakat dalam melakukan aktifitasnya harus bahagia tanpa menggunakan narkoba. Kata Lasut, bahaya narkoba sudah menggerogoti kalangan usia produktif usia 18 sampai 30 tahun, ini berarti bahwa target pengedar Narkoba yaitu kalangan ini. Kali ini peringatan HANI tampak sedehana, mengingat semua elemen masih dalam pandemi COVID-19.(humas/ray)

Sumber : Kejari Bitung