Imbas Corona, Kejari Bitung Gelar Sidang Secara Daring

Bitung – Untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan dengan jumlah orang cukup banyak, Kejaksaan Negeri (Kejari) Bitung menggelar sidang secara daring atau online, Senin (30/3/2020).

Kepala Kejaksaan Negeri Bitung Ariana Juliastuty SH MH didampingi Kasi Intelijen Budi Kristiarso SH MH mengatakan, sidang secara online sudah mulai diterapkan pada Senin hari ini. “Jadi sidang dengan mengunakan aplikasi online, yakni dengan aplikasi ZOOM,” ucapnya.

Ariana menjelaskan, hal ini berdasarkan Instruksi Jaksa Agung Nomor 5 Tahun 2020 tentang Kebijakan Pelaksanaan Tugas dan Penanganan Perkara selama masa Pencegahan Penyebaran COVID-19 di lingkungan Kejaksaan RI.

“Dan Surat Jaksa Agung Nomor B-049/A/SUJA/03/2020 Tanggal 26 Maret 2020 perihal Optimalisasi Pelaksanaan Tugas dan Kewenangan ditengah Upaya Mencegah Penyebaran COVID-19 serta Peraturan Jaksa Agung RI No. PER-006/A/JA/07/2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kejaksaan RI Pasal 996 Seksi Intelijen pada Sub Seksi Ideologi, Politik, Pertahanan Keamanan,Sosial, Budaya, dan Kemasyarakatan dalam tugas Pemberian dukungan Teknis kepada bidang lain dan Pengamanan Penanganan Perkara,” jelasnya.

Kajari menuturkan, sidang melalui Video Converence dilaksanakan dimulai pada pukul 10.30 Wita dan berakhir jam 15.30 Wita. “Untuk sidang hari ini dilaksanakan sebanyak 15 (lima belas) perkara dengan agenda Pemeriksaan Saksi, Pembacaan Tuntutan Pidana (Requisitor) dan Putusan Hakim,” tuturnya.

Ariana juga menambahkan, pelaksanaan sidang melalui Video Converence dilakukan dengan cara Hakim berada di Ruang sidang Pengadilan Negeri Bitung, Penuntut Umum dan Saksi berada di Kantor Kejari Bitung sedangkan Terdakwa dan Penasehat Hukum berada di Lapas Klas IIB Bitung.

“Hingga berakhirnya sidang, kami tidak terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Bahwa untuk persidangan secara online berikutnya akan dilaksanakan dengan cara yang sama,” tutupnya.(humas/ryp)

Sumber : Kejari Bitung