Kejati Sulut

WAKAJATI SULUT MEMBUKA KEGIATAN SOSIALISASI PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN VIRUS CORONA (COVID-19) DARI DINKES PROVINSI SULUT DAN RSUP PROF. DR. R.D. KANDOU MANADO

Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Sulut A. Dita Prawitaningsih, SH.MH, didampingi Kepala Bidang  Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Steven P. Dandel, MPH dan dr. Nora Sondakh, MA dari Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut membuka kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Virus Corona yang di kenal dengan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) atau Novel Coronavirus 2019 (2019-nCov), Senin (09/03/2020) sekitar pukul 09.00 WITA.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Sam Ratulangi Lt.4 Kejaksaan Tinggi Sulut diikuti oleh Wakajati Sulut, para Asisten, Kabag TU, para Koordinator, seluruh pegawai Kejati Sulut baik Jaksa maupun Tata Usaha, Tim dari Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut sebanyak 6 orang, yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Steven P. Dandel, MPH dan Tim dari RSUP. DR. R.D. Kandou Manado Frenly Tumuyu, S.Kep dan Zita Deiby Kekung, Amd. Kep.

Dalam sambutannya Wakajati Sulut A. Dita Prawitaningsih, SH, MH mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan upaya untuk melakukan berbagai langkah yang dipandang perlu guna mencegah dan menanggulangi perkembangan kasus penularan Novel Coronavirus 2019 (2019-nCov) atau Virus Corona. Selanjutnya dikatakan bahwa sampai saat ini informasi yang diperoleh sudah 6 kasus di Indonesia, yang sebelumnya ada 2 (dua) kasus yang diumumkan Presiden Jokowi. Kita tidak perlu takut tapi kita perlu waspada dengan adanya penyakit tersebut seperti di Wuhan Cina. Kita akan mendengarkan apa sebenarnya virus corona yang sangat menakutkan itu, bagaimana pencegahan dan tanda-tandanya dapat kita bagikan kepada keluarga, teman dan tetangga kita, agar kita semua terhindar dari penyakit yang dapat menyebabkan kematian tersebut.

Dalam pemaparannya dr. Steven P. Dandel, MPH sebagai Narasumber didampingi dr. Nora Sondakh, MA menjelaskan tentang apa itu Coronavirus dan COVID-19, Gejalanya, bahayanya, bagaimana manusia bisa terinfeksi, bagaimana cara penularannya, berapa lama penularannya, bagaimana cara mencegah penularan virus corona, alur deteksi COVID-19 dan lain-lain. dr. Steven P. Dandel, MPH menjelaskan Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti  MERS dan Sindrom Pernafasan Akut Berat (SARS). Salah satu cara mencegah menularnya Virus Corona yaitu Mencuci tangan dengan benar secara teratur menggunakan air dan sabun atau hand-rub berbasis alkohol karena sekitar 98% penyebaran penyakit bersumber dari tangan.

Selesai paparan dari dr. Steven P. Dandel, MPH dilanjutkan dengan tanya jawab dan sosialisasi tentang bagaimana cara mencuci tangan dan penggunaan Termometer Scan dari Tim Kesehatan RSUP. DR. R.D. Kandou Manado Frenly Tumuyu, S.Kep dan Zita Deiby Kekung, Amd. Kep.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim Kesehatan dari Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut dan RSUP. DR. R.D. Kandou berupa pemeriksaan tekanan darah tinggi, suhu tubuh, pemeriksaan fisik dan pelayanan obat. Pemeriksaan dimulai dari Wakajati Sulut A. Dita Prawitaningsih, SH.MH, para Asisten, Kabag TU, para  Koordinator dan seluruh pegawai Kejati Sulut.

Khusus untuk Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulut Andi Muh Iqbal Arief, SH. MH dilakukan pemeriksaan tersendiri di ruang kerja Kajati Sulut.