Ekspose Prestasi dan Kreativitas Siswa Bersama Jaksa Masuk Sekolah (EKSPRESI JMS) Tahun 2019 memukau Kota Tomohon

Ekspose Prestasi dan Kreativitas Siswa Bersama Jaksa Masuk Sekolah (EKSPRESI JMS) Tahun 2019 dengan tema “Dengan Program Jaksa Masuk Sekolah Perkuat Pendidikan Karakter Anak Didik Menuju Generasi EMAS” telah digelar sejak Selasa 1 Oktober 2019  sampai dengan acara puncak yang digelar pada Selasa tanggal 15 Oktober 2019. Ekspose Prestasi dan Kreativitas Siswa Bersama Jaksa Masuk Sekolah (EKSPRESI JMS) Tahun 2019 merupakan program kemitraan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon dengan Kejaksaan Negeri Tomohon. Kegiatan EKSPRESI JMS merupakan salah satu kegiatan yang selalu ditunggu – tunggu oleh siswa – siswi di Kota Tomohon, mengingat sudah diselenggarakan setiap tahunnya sejak Tahun 2016.

Dalam Acara Puncak EKSPRESI JMS hadir Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Andi Muh Iqbal Arief, SH., MH., Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Albina D. Prawitaningsih, SH, MH., para Asisten pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon EDY WINARKO, SH., MH., Kabag TU, para Kepala Kejaksaan Negeri se-Sulawesi Utara, para koordinator, Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Wilayah Sulawesi Utara Ny. Nurhayati Andi Iqbal beserta pengurus, Walikota Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE., Ak., Forkopimda Kota Tomohon, Kepala OPD Kota Tomohon, Pihak Sekolah dan siswa – siswi peserta di tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK se – Kota Tomohon.

Kepala Kejaksaan Tinggi SULUT Andi Muh Iqbal, SH., MH. dalam sambutannya menyampaikan bahwa “kegiatan Ekspresi JMS merupakan salah satu bentuk langkah strategis dalam mendukung terwujudnya revolusi karakter bangsa sebagaimana Nawacita kedelapan. Melalui kesempatan ini Kajati mengharapkan para Kajari se Sulawesi Utara dapat berinovasi dan berkreasi seperti yang telah dilaksanakan oleh Kejari Tomohon. Mudah-Mudahan melalui kegiatan ini dapat menghasilkan siswa taat hukum yg memiliki sifat kreatif dan inovatif sehingga dapat mengharumkan nama baik Kota Tomohon”

Kegiatan Ekspose Prestasi dan Kreativitas bersama Jaksa Masuk Sekolah (EKSPRESI JMS) dilaksanakan dengan tujuan mewujudkan Nawa Cita Presiden RI dan Wakil Presiden RI Tahun 2014-2019 butir ke delapan, yang menitikberatkan pada revolusi karakter bangsa bidang pendidikan nasional yang didukung dan dilaksanakan melalui langkah strategis dan efektif dengan cara mengaktualisasikan Prestasi dan Kreatifitas serta bakat para siswa/wi di Kota Tomohon.

Dalam lomba duta Adhyaksa juri yang menilai adalah Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Wilayah Sulut Ny. Nurhayati Andi Iqbal, Wakil Walikota Tomohon Syerli A. Sompotan, dan Mariska Kandou SH., MH.

Para pemenang kegiatan Ekspose Prestasi dan Kreativitas bersama Jaksa Masuk Sekolah (EKSPRESI JMS) Tahun 2019 mendapatkan piala penghargaan dan uang pembinaan,adapun para pemenang lomba adalah sebagai berikut:

Duta Adhyaksa

Putra :

1   Riegelkent Antou, SMA Kristen 2 Binsus Tomohon.

2   Kristofer Imbang, SMA N 1 Tomohon.

3   Daniel Palar, SMA N 1 Tomohon

Putri :

1   Rinoa Senduk, SMA N  1 Tomohon

2   Evangelista Mangundap, SMA N 1 Tomohon.

3   Gicheel Lenzun, SMA Lokon St. Nicolaus

Jaksa Cilik (SD)

Putra:

1   Matthe Taba, SD Katolik Frater Don Bosco

1   Hendra C Paat, SD Inpres Kumelembuai

2   Zacherry N Sompotan, SD GMIM I Kakaskasen

3   Natanael RK Kawet, SD Inpres Kakaskasen II<

Putri:

1   Mischenka AB Ngantung, SD Katolik St Clara

2   Anisa A Pontoan, SD Katolik I Taratara

3   Karen O Wajong, SD GMIM VII Tomohon

Pidato (SMP)

1   Christy Masinambouw, SMP Negeri I Tomohon

2   Johanbert Tangkere, SMP Negeri II Tomohon

3   Rivaldy Sebel, SMP Kristen Woloan

Yel-yel (SMP)

1   SMP Negeri 4 Tomohon

2   SMP Bunda Hati Kudus (BHK) Woloan

3   SMP Kristen Woloan

Lomba Stand Up Comedy (SMA):

1   Veybe Rambing, SMA Kristen Tomohon

2   Enrique Tombokan, SMA Negeri I Tomohon

3   Servila Koloay, SMA Kristen III Tomohon

Lomba Pidato (SMA):

1   Eklesia Rumambi, SMA Kristen I Tomohon

2   Domini T Bolah, SMA Kristen I Tomohon

3   Micell Akay, SMA Negeri I Tomohon

Lomba Yel-yel (SMA)

1   SMA Kristen I Tomohon

2   SMA Kristen II Binsus Tomohon

3   SMA Negeri I Tomohon

Sumber : Kejari Tomohon