ASINTEL KEJATI SULUT TINJAU BENDUNGAN LOLAK

Asisten Intelijen (Asintel) Kejati Sulut Stanley Yos Bukara, SH, Selaku Ketua TP4D Kejati Sulut Selasa (8/10/2019) meninjau Pembangunan  Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Provinsi Sulut.

Proyek Pembangunan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong merupakan salahsatu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ada di Sulawesi Utara dimana pelaksanaan pekerjaannya di lakukan Pengawalan dan Pengamanan (Walpam) oleh TP4D Kejati Sulut.

Manfaat dari pembangunan Bendungan Lolak ini adalah untuk suplai air irigasi, suplai air baku untuk kebutuhan domestik  pengendalian banjir, pengembangan pariwisata, konservasi air dan pembangkit listrik.

Setelah menempuh perjalanan dari Manado selama kurang lebih 4 jam, rombongan Asintel tiba di lokasi Proyek pada pukul 12.00 Wita.

Tidak lama setelah tiba dilokasi proyek  Asintel bersama rombongan langsung melakukan peninjauan di beberapa lokasi pelaksanaan pekerjaan.

Lokasi pertama yang di kunjungi adalah Gardu Pandang. Dari lokasi ini dapat dipantau seluruh pekerjaan yang sedang berlangsung.

Pada saat berada di Gardu Pandang ini, Asintel bersama rombongan dapat menyaksikan dari jauh proses Blasting (peledakan) dilokasi Quarry 2/bukit batu untuk dimanfaatkan menjadi timbunan material di zona 5 (main dame /tubuh bendungan).

Setelah itu Asintel bersama rombongan mengunjungi lokasi sandaran kiri bendungan dan dilanjutkan kelokasi river deposite.

Tempat terakhir yang di tinjau Asintel bersama rombongan adalah adalah lokasi Riprap (timbunan batu paling luar).

Setelah melakukan peninjauan, Asintel langsung menanyakan kepada pihak pelaksana pekerjaan tentang progres pekerjaan serta permasahan yang di hadapi dalam pelaksanaan pekerjaan.

Asintel bersama rombongan kemudian mendapatkan penjelasan tentang progres pekerjaan Bendungan Lolak serta permasalahan dan tindak lanjutnya yang di sampaikan oleh Kepala SNVT Bendungan BWS Sulawesi I Novie M. Ilat, ST. Sp.1.

Asintel pun mengharapkan koordinasi dan keterbukaan Pihak SNVT Bendungan Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, dalam bersama-sama mengidentifikasi potensi permasalahan hukum yang timbul di setiap tahapan pekerjaan untuk menentukan strategi pengawalan dan pengamanan yang efektif sesuai permasalahan hukum yang ditemukan, sehingga pembangunan dapat berjalan tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran.

Turut hadir mendampinggi Asisten Intelijen, Koordinator M. Ilham, SH.MH, Koordinator Muchsin, SH.MH, Kasi D Sterry F. Andih, SH.MH dan jajaran TP4D Kejati Sulut.

Turut hadir juga PPK Bendungan Lolak bersama jajaran Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, Para Penyedia Jasa dan Para Konsultan Supervisi bersama jajaran masing-masing.

This slideshow requires JavaScript.