KAJATI SULUT TINJAU PEMBANGUNAN PROYEK STRATEGIS NASIONAL BENDUNGAN KUWIL-KAWANGKOAN

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulut Andi M. Iqbal Arief, SH.MH, didampingi Wakajati Sulut Dita Prawitaningsih, SH.MH bersama Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi I Ir. Mochammad Silachoedin, ME, Senin (7/10/2019) meninjau Pembangunan  Bendungan Kuwil-Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Provinsi Sulut.

Proyek Pembangunan Bendungan Kuwil-Kawangkoan di Kabupaten Minut merupakan salahsatu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ada di Sulawesi Utara dimana pelaksanaan pekerjaannya di lakukan Pengawalan dan Pengamanan (Walpam) oleh TP4D Kejati Sulut.

Tiba di lokasi Proyek tepatnya di Gardu Pandang pukul 09.30 Wita, Kajati langsung menanyakan tentang progres pekerjaan serta permasahan yang di hadapi dalam pelaksanaan pekerjaan.

Kajati bersama rombongan kemudian mendapatkan penjelasan tentang progres pekerjaan Bendungan Kuwil-Kawangkoan serta permasalahan dan tindak lanjutnya yang di sampaikan oleh Kepala SNVT Bendungan BWS Sulawesi I Novie M. Ilat, ST. Sp.1.

Sesudah itu Kajati bersama rombongan melakukan peninjauan di beberapa lokasi pelaksanaan pekerjaan.

Lokasi pertama yang di kunjungi adalah pelaksanaan Pembangunan Intake (Awal terowongan/Saluran pengelakan).

Setelah itu Kajati bersama rombongan mengunjungi lokasi pekerjaan Main Dame (Tubuh Bendungan) dan dilanjutkan ke lokasi pekerjaan Spillway.

Tempat terakhir yang di tinjau Kajati bersama rombongan adalah adalah lokasi Saluran Outlet (Terowongan Pengelak).

Pada saat mekakukan peninjauan, Kajati  memerintahkan kepada Tim TP4D yang melakukan Walpam agar melaksanakan tugas dengan maksimal sehingga pekerjaan yang dilaksanakan bisa berlangsung dengan baik, tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran.

Kajati juga mengharapkan koordinasi dan keterbukaan Pihak SNVT Bendungan Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, dalam bersama-sama mengidentifikasi potensi permasalahan hukum yang timbul di setiap tahapan pekerjaan untuk menentukan strategi pengawalan dan pengamanan yang efektif sesuai permasalahan hukum yang ditemukan, sehingga pembangunan dapat berjalan tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran.

Adapun manfaat dari Pembangunan Bendugan Kuwil-Kawangkoan ini adalah Untuk pengendalian banjir Kota Manado dan sekitarnya; Penyediaan air baku untuk penduduk Kota Manado, Kab. Minut dan Kota Bitung; Pembangkit tenaga Listrik dan Pengembangan pariwisata.

Turut hadir mendampinggi Kajati Sulut Asisten Intelijen Stanley Yos Bukara, SH.MH, selaku Ketua TP4D, Asbin Akhmad Syahrir Harahap, SH.MH, Koordinator M. Ilham, SH.MH, Koordinator Muchsin, SH.MH, Kasi D Sterry F. Andih, SH.MH dan jajaran TP4D Kejati Sulut serta Kasi Intel Kejari Minut Ekaputra Polimpung, SH.MH

Turut hadir juga PPK bersama jajaran Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, Para Penyedia Jasa (PT. WIKA-DMT, KSO dan PT. NINDYA KARYA (PERSERO) dan Para Konsultan Supervisi bersama jajaran masing-masing.

This slideshow requires JavaScript.