Wakajati Sulut Tutup Kegiatan In House Training Peningkatan Kapasitas Jaksa Dalam Penanganan Barang Bukti/ Alat Bukti Elektronik

Pada hari Kamis tanggal 11 April 2019 telah dilaksanakan acara penutupan Kegiatan In House Training Peningkatan Kapasitas Jaksa Dalam Penanganan Barang Bukti / Alat Bukti Elektronik oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Sulawesi Utara Andi M. Iqbal Arief, SH, MH.

KegiatanIn House Training yang telah dilaksanakan sejak hari Rabu Tanggal 10 April 2019 di Hotel Peninsula Manado, dan diikuti oleh 101 peserta yang berasal dari para Kasi Barang Bukti dan Barang Rampasan dan Kasi Pidum Kejati Sulut, Kejati Sulsel, Kejati Sulteng, Kejati Sultra, Kejati Gorontalo, Kejati Maluku Utara dan Kejati Papua.

Dalam sambutannya Wakajati Sulut mengatakan dengan kegiatan In House Training tersebut diharapkan ada perubahan paradigma para Jaksa Penuntut Umum terhadap penanganan atas barang bukti/alat bukti elektronik (digital evidence) yang digunakan dalam penanganan perkara tindak pidana umum baik pada tahap pra penuntutan maupun pembuktian perkara di persidangan yang pembuktiannya menggunakan digital evidence.

     Selanjutnya para Jaksa Penuntut Umum tidak lagi menggunakan prinsip pembuktian yang masih bersifat konvensional, namun semestinya harus betul-betul secara up date memperhatikan validitas dan keabsahan digital evidence dimaksud dengan berpedoman pada prosedur yang dianut dalam digital forensic, sehingga dalam proses pembuktian di persidangan Jaksa Penuntut Umum benar-benar dapat meyakinkan Majelis Hakim akan originalitas dari digital evidence tersebut, sehingga dapat digunakan untuk membuktikan unsur-unsur perbuatan terdakwa yang didakwakan kepadanya.

Bahwa dalam in house Training telah dipaparkan materi dari Narasumber tentang Modus Cyber Crime dan cara Pengungkapannya,Penanganan perkara Tindak Pidana Umum terkait alat bukti/ barang bukti elektronik, Aspek Hukum dalam penanganan Alat Bukti / Barang Bukti Elektronik dan Teknis Forensic Digital dalam penanganan Barang Bukti/ Barang Bukti Elektronik.

Turut hadir dalam acara penutupan yaitu pejabat struktural dari Kejaksaan Agung RI Albina Dita Prawitaningsih, SH, MH selaku koordinator pada Jampidum dan Nur Chusniah, SH, MH selaku Kasubdit Pra Penuntutan.

This slideshow requires JavaScript.