Cegah Kredit Macet, BRI Bitung Teken MoU dengan Kejaksaan

BITUNG – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bitung menandatangani kesepakatan kerjasama (MoU) pendampingan hukum Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) dengan BRI Kantor Cabang Bitung.

Penandatangan MoU langsung diteken oleh Ferry R. Mewengkang selaku Pimpinan Cabang BRI Bitung dengan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bitung Ariana Juliastuty SH MH di Aula Kantor Bank BRI Cabang Bitung, Kamis (13/9/18).

Ferry saat ditemui menjelaskan, penandatanganan MoU tersebut adalah pendampingan hukum ataupun pelayanan hukum Kejaksaan Negeri Bitung sebagai jaksa pengacara negara (JPN) terkait masalah penanganan perkara, baik yang berkaitan dengan perdata maupun pidana.

“Terima kasih kepada Ibu Ariana selaku Kajari Bitung beserta jajaran yang telah berkenan melakukan MoU dengan BRI Bitung, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kami diminta bersatu padu dengan Kejari setempat,”ucapnya.

Ia juga menuturkan, kesepakatan bersama ini merupakan kelanjutan dari penandatangan kesepahamanan bersama (MoU) yang telah ditandatangani pada tanggal 21 Agustus 2017 lalu. “Kesepakatan bersama ini bukan sebuah formalitas tetapi merupakan suatu hal yang penting yang akan menjadi acuan dalam melakukan proses yang berkaitan dengan bidang perdata dan tata usaha negara di BRI Cabang Bitung,”tandas Ferry.

Terpisah, Kajari Ariana mengapresiasi BRI Cabang Bitung atas penandatanganan kesepakatan bersama ini. “Suatu kebanggaan tersendiri bagi Kejari Bitung karena BRI Bitung kembali memberikan kepercayaan, khususnya menangani permasalahan dalam bidang perdata dan tata usaha negara,”ujarnya.

Ariana juga kembali menegaskan, bahwa ruang lingkup dari MoU yang ditandatangani ini adalah dalam Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara, yang meliputi bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lain dengan tujuan melakukan pemulihan atau penyelamatan keuangan, kekayaan dan aset serta permasalahan lain dalam bidang datun yang dihadapi oleh BRI Cabang Bitung.

“Tidak hanya masalah yang berkaitan dengan pidana atau perdata saja, terkait nasabah atau kreditur yang pembayarannya macet maupun masalah keuangan negara pun kami juga siap untuk melakukan bantuan hukum,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Kasi Datun) Joice Tasiam SH, Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasipidum), Jaksa Fungsional Kejari Bitung dan jajaran BRI Cabang Bitung.(humas/ray)