Kajati Sulut Sumbang Hewan Qurban Dua Ekor Sapi Ke Masjid Di Kota Manado

Manado, Dalam rangka memperingati Idul Adha 1439 H yang jatuh pada hari Rabu tanggal 22 Agustus 2018, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Utara (Sulut) M. Roskanedi, SH menyumbang 2 (dua) ekor sapi ke Masjid yang ada di Kota Manado.   1 (satu) ekor sapi disumbangkan ke Masjid R.A. Kartini di Bumi Beringin Manado. Penyerahan 1 (satu) ekor sapi di Masjid R.A. Kartini diserahkan langsung oleh Kajati Sulut M. Roskanedi, SH didampingi Asisten Pembinaan Mahmudi, SH, MH dan yang menerima langsung adalah Ketua Panitia Idul Adha Masjid R.A. Kartini dan 1 (satu) ekor sapi warna putih disumbangkan ke Masjid As-Shalam di Kompleks Perumahan Pajak Manado diserahkan oleh La Haja, SH (Kasi A) pada Bidang Intelijen mewakili Kajati Sulut.

Bahwa sebelum menyerahkan 1 (satu) ekor sapi, Kajati Sulut M. Roskanedi, SH mengikuti Sholat Id di Masjid R.A. Kartini pada pukul 07.00 wita dan selesai pukul 09.00 Wita Kajati Sulut langsung menyerahkan 1 (satu) ekor sapi warna hitam dengan berat sekitar 400 Kg kepada Ketua Panitia Masjid disaksikan pengurus masjid dan Jama’ah yang baru selesai Sholat Id.

Pada saat penyerahan Kajati Sulut  M. Roskanedi, SH menyampaikan bahwa hikmah dari Idul Qurban ini, jika kita menengok sisi historis dari perayaan Idul Adha ini, maka pikiran kita akan teringat kisah teladan Nabi Ibrahim yaitu ketika beliau diperintahkan oleh Allah SWT untuk menempatkan istrinya Hajar bersama nabi Ismail putranya, yang saat itu masih menyusu. Mereka ditempatkan di suatu lembah yang tandus, gersang, tidak tumbuh sebatang pohon pun. Lembah itu demikian sunyi dan sepi tidak ada penghuni seorangpun. Nabi Ibrahim sendiri tidak tahu, apa maksud sebenarnya dari wahyu Allah yang menyuruh menempatkan istri dan putranya yang masih bayi itu, ditempatkan disuatu tempat paling asing di sebelah utara kurang lebih 1.600 KM dari negaranya sendiri Palestina. Tapi baik Nabi Ibrahim, maupun istrinya Siti Hajar, menerima perintah itu dengan ikhlas dan penuh tawakkal.

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia  Idul Adha Masjid R.A. Kartini menyatakan ucapan terima kasih atas perhatian dan sumbangan Idul Adha berupa 1 (satu) ekor sapi dari Kajati Sulut M. Roskanedi, SH beserta jajarannya. Pihak Masjid merasa sumbangan ini sangat istimewa karena diserahkan langsung oleh pak M. Roskanedi, SH yang merupakan pimpinan tertinggi di Kejaksaan Tinggi Sulut.

Bahwa setelah menyerahkan sapi tersebut kepada Ketua Panitia, Kajati Sulut M. Roskanedi menyaaksikan langsung penyembelihan 1 (satu) ekor sapi tersebut dan hasil dari sapi qurban  tersebut dibagikan kepada kaum dua’afah dan Jama’ah masjid R.A. Kartini.

Pelaksanaan Idul Adha di Masjid R.A. Kartini Bumi Beringin Manado dan Masjid As-Shalam di Kompleks Perumahan Pajak Manado berjalan dengan aman dan damai. (Kasi Penkum Kejati Sulut)