Kajati Sulut Sampaikan Lima Perintah Harian Jaksa Agung RI

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Upacara Peringatan Hari Bhakti Adyaksa (HBA) ke-58 Tahun 2018, di halaman Kantor Kejati Sulut. Hari Bhakti  Adhyaksa yang jatuh pada tanggal 22 Juli 2018, baru dilaksanakan Senin (23/7/2018) pukul 07.30 Wita sehubungan tanggal 22 Juli adalah hari libur.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulut M.Roskanedi, SH. Sedangkan yang bertugas sebagai komandan Upacara Erwin Purba, SH dan Perwira Upacara Slamet Ryanto, SH.MH.

Dalam Sambutan Jaksa Agung RI H.M Prasetyo yang di bacakannya, Kajati mengatakan bahwa tema yang diangkat dalam peringatan HBA tahun ini yakni “Berkarya dan Berbakti Sepenuh Hati Menjaga Negeri”, relevan dengan upaya yang harus kita lakukan bersama untuk menjaga keutuhan dan upaya membangun bangsa yang masih sering dihadapkan pada berbagai masalah dan persoalan sekitar keberagaman, kebhinekaan dan kebangsaan yang berpotensi mengganggu persatuan kesatuan bangsa dan dapat mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selanjutnya, dihadapan seluruh peserta Upacara, Kajati menyampaikan Lima Perintah Jaksa Agung RI sebagai berikut :

  1. TINGKATKAN SENSITIFITAS DAN INTENSITAS KEPEKAAN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PENEGAKAN HUKUM DENGAN CERDAS, LUGAS DAN BERINTEGRITAS.
  2. POSISIKAN DIRI SECARA PERSONAL, FUNGSIONAL DAN INSTANSIONAL YANG KUKUH MENGENGGAM SERTA MENJUNGJUNG TINGGI HARKAT DAN KEHORMATAN PROFESI SELAKU INSAN ADHYAKSA, AGAR PANTAS DI PUJI DAN DIHARGAI
  3. MENYADARI DAN MENJAGA DIRI SEBAGAI PENDAMPING, AKSELETAROR, PENGAWAL DAN PENGAMAN JALANNYA PEMERINTAHAN DAN PEMBANGUNAN YANG DAPAT DI PERCAYA DAN DIANDALKAN.
  4. BEKERJA DAN BERKARYA TANPA PAMRIH DENGAN BAIK, SEPENUH HATI, MENIADAKAN PERBEDAAN PERLAKUAN DAN PELAYANAN AGAR MEMBERI MANFAAT, MEMENUHI HARAPAN KUAT DARI MASYARAKAT.
  5. PUPUK DAN TUMBUH KEMBANGKAN SEMANGAT BEKERJA BERSAMA SEMUA PIHAK DALAM BINGKAI HUBUNGAN YANG SOLID DAN SINERGIS, DEMI UPAYA MERAWAT KEBERAGAMAN DAN KE BHINEKAAN, BAGI KEBESARAN BANGSA DAN KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA YANG HARMONIS.

Melalui Kajati, Jaksa Agung juga menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada semua pihak, instansi sipil dan militer serta segenap lapisan masyarakat atas partisipasi, perhatian, kerjasama dan dukungan yang begitu besar terhadap eksistensi Kejaksaan selama ini.Dan kepada segenap insan, jajaran Adhyaksa yang telah bekerja keras menorehkan prestasi yang memberi citra positif dan berhasil mengharumkan nama baik lembaga yang kita cintai, saya menyampaikan pujian, penghargaan dan apresiasi yang begitu tinggi.

Dan selaku pimpinan Kejaksaan RI, tiada hentinya saya ingin mengajak dan mengingatkan segenap insan Adhyaksa di manapun berada dan ditugaskan, bahwa “Kita berada disini untuk mengukir lembar-lembar sejarah, lembaran yang indah dan membanggakan”.

Selamat disertai doa, harap dan pinta, Korps Adhyaksa akan semakin kokoh berdiri tegak, kuat dan jaya. Semoga pula Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan kekuatan, rahmat, perlindungan, bimbingan, dan ridha-Nya kepada segenap Keluarga Besar Korps Adhyaksa dan kepada kita semua dalam memenuhi panggilan tugas, menyempurnakan pengabdian bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Dirgahayu Kejaksaan RI, Jayalah Adhyaksa Kita” tutur Kajati mengakhiri pembacaan Amanat Jaksa Agung RI.

Upacara berlangsung dengan khidmat di hadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA)Provinsi Sulut dan FORKOPIMDA Kabupaten/Kota se Sulut serta undangan lainnya. Dari unsur Kejaksaan, turut hadir Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Andi M. Iqbal Arief, SH, Para Asisten, Kabag Tata Usaha, Para Koordinator, Para Kajari se Sulut, serta seluruh Pegawai Kejaksaan se Sulut.

Turut hadir juga ketua Ikadan Adhyaksa Dharmakarini Sulut Ny. Soraya Djamin Rosknedi serta jajarannya dan Keluarga Besar Purna Adhyaksa (KBPA) Sulut. (Kasi Penkum Kejati Sulut)