Kasi Datun Jadi Narasumber Edukasi Publik Sistem Jamsos 2018

Minut, kejaribitung.go – Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejaksaan Negeri Bitung Joice Tasiam SH menjadi narasumber penegakkan hukum terkait penyelenggaraan Jaminan Sosial (Jamsos) di Kota Bitung yang dikemas dalam Edukasi Public Sistem Jaminan Sosial Nasional tahun 2018.

Bertempat di Hotel Sutan Raja, Minahasa Utara, kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten II Pemkot Bitung Jeffry Wowiling serta dihadiri anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bitung Wens Luntungan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr. Franky Soriton, Kepala BPJS Manado dr. Greisthy, Unsur BPJS Ketenagakerjaan Cabang Manado dan Bitung, organisasi serikat pekerja, pengusaha dan para pekerja di sejumlah perusahaan.

Saat menjadi narasumber, Joice mengatakan, perusahaan diwajibkan memberikan jaminan sosial kepada tenaga kerja yang dipekerjakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja.

Meskipun sudah ada aturan mengenai kewajiban pemberian jaminan sosial kepada tenaga kerja, lanjut dia, masih banyak perusahaan yang tidak memberikan hak tersebut kepada karyawannya. “Perlu ada pengawasan yang ketat dari pemerintah Kota Bitung agar seluruh pekerja bisa terlindungi oleh jaminan sosial,”ucap Kasi Datun.

Disamping itu, ia menambahkan, juga perlu ada peningkatan disiplin dari pengusaha untuk memberikan hak jaminan sosial kepada pekerjanya. “Perusahaan yang sudah memberikan jaminan sosial untuk pekerjanya rata-rata perusahaan menengah ke atas, sedang untuk perusahaan menengah ke bawah biasanya belum memberikan jaminan sosial,” katanya.

Pengusaha, lanjut wanita berparas cantik, juga wajib melakukan pembicaraan dengan pekerjanya mengenai pemberian jaminan sosial tersebut. “Hubungan antara pemerintah kota, pengusaha dan pekerja harus selalu dalam keadaan yang kondusif,” tandas Joice.(humas/ryp)