Kejari Bitung Gelar Penyuluhan Hukum kepada Pelajar

Bitung, (kejaribitung.go) – Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-58 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke-18, Kejaksaan Negeri (Kejari) Bitung mengelar sejumlah kegiatan.

Usai mengunjungi Panti Asuhan dan para Purnawiran Jaksa (Purnaja), Kejari Bitung kali ini menggelar Penyuluhan Hukum kepada ratusan pelajar tingkat SLTA se-Kota Bitung.

Bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Bitung, Kamis (19/7/18), sebagai pembawa materi dalam penyuluhan hukum tersebut, Kasi Intelijen Hi. Mustari Ali SH MH bersama Kasipidsus Rudolf TP. Simanjuntak SH dan Kasipidum Nalkry Lasut SH serta para Jaksa fungsional di lingkup Kejari Bitung.

Kasi Intel saat ditemui mengatakan, tujuan penyuluhan hukum ini, selain meningkatkan pengetahuan pelajar tentang hukum, juga meningkatkan partisipasi dalam mencegah terjadinya perbuatan yang melanggar hukum.

Ratusan para pelajar SLTA se-kota Bitung saat mengikuti penyuluhan hukum

Adapun materi kata Mustari, terkait penyalahgunaan Narkoba hingga bijak dalam penggunaan media sosial (berita hoax). “Penjelasan mengenai dampak negatif atas penggunaan dan penyalahgunaan narkoba, kemudian jenis-jenis narkoba. Bahkan jeratan hukum bagi para penggunanya. Diharapkan mereka tidak terjerat dalam peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Kita ingin mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, sehingga mereka tidak mendekatinya karena sudah mendapatkan pemahaman,” ucapnya.

Mustari juga menjelaskan, UU No.19/2016, tentang Perubahan Atas UU No.11/2008, tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) kepada pelajar, karena menurutnya, saat ini penggunaan tekhnologi dan informatika sudah menjangkau semua kalangan, terutama pelajar melalui media sosial.

“Tingginya penggunaan media sosial ini, belakangan banyak disalahgunakan untuk perbuatan negatif seperti adanya berita-berita hoax. Kita bekali mereka (pelajar) dengan pengetahuan tentang undang-undang ITE sehingga bijak dalam menggunakan media sosial,”singkatnya.

Foto bersama usai kegiatan penyuluhan hukum

Terpisah, Wakil Wali (Wawali) Kota Bitung Maurits Mantiri sangat mengapresiasi Kejari Bitung yang terus menerus memberikan pemahaman hukum bagi generasi penerus bangsa. “Tentunya kegiatan tersebut, pasti akan mengurangi tingkat kriminalitas di Kota Bitung. Dan ini bisa menjadi benteng bagi pelajar agar mampu menyaring mana yang bermanfaat dan tidak dibutuhkan. Apalagi sekarang ini, kita telah memasuki era kemajuan ilmu pengetahuan yang luar biasa, khususnya dibidang informasi dan teknologi,”tutur Mantiri saat dihubungi via telepon, Jumat (20/7/18).

Bukan hanya pelajar, Ia juga berharap agar semua pihak tidak membiarkan media digital itu dipakai untuk hal-hal yang negatif. “Jadi, jangan sampai kita membiarkan media digital itu dipakai untuk hal-hal yang negatif. Kemajuan teknologi di dunia pendidikan tidak bisa dihindarkan, sehingga penggunaan informasi dan transaksi elektronik tersebut harus dipakai dan dipergunakan secara positif, seperti kemajuan teknologi harus dipakai untuk kemaslahatan bangsa dan negara. Kemajuan teknologi itu harus memperluas pengetahuan dan bisa memanfaatkannya untuk kekuatan masyarakat,” pungkas Wawali.(humas/ryp)

No Response

Leave a reply "Kejari Bitung Gelar Penyuluhan Hukum kepada Pelajar"