Kejati Sulut Gelar Lomba Pidato Tingkat SMA/SMK Dalam Rangka HBA KE-58 TAHUN 2018

Dalam rangka memeriahkan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-58tanggal 22 Juli Tahun 2018 Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut menggelar Lomba Pidato Tingkat SMA/SMK atau Sederajat Rabu, (18/7/2018) di Aula Kejati Sulut.

Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut M. Roskanedi, SH melalui Asisten Intelijen J. Devy Sudarso, SH.CN selaku Ketua Panitia HBA ke-58 Tahun 2018 Kejati Sulut dalam sambutannya  mengatakan, bahwa kegiatan tersebut mengacu pada aspek peningkatan kualitas iman, ilmu dan pengabdian, yang dilakukan dalam bentuk lomba kreatifitas, dimana peserta di berikan kesempatan untuk menciptakan sendiri isi pidato terkait apa yang diketahui tentang Kejaksaan yang telah berdiri selama 58 tahun.

“ Peserta lomba di tuntut untuk dapat menciptakan suatu pidato yang mempunyai makna tentang Kejaksaan sesungguhnya pada setiap waktu dari masa ke masa, dimana isi pidato dapat menggambarkan Kejaksaan secara utuh dari ; Keadaan awal berdirinya ; keadaan Kejaksaan saat ini dan keadaan Kejaksaan yang akan datang dalam bentuk harapan-harapan ”. jelas Sudarso.

Lebih lanjut Mantan Kajari Tomohon tersebut menjelaskan bahwa tujuan dari Lomba Pidato ini dari para siswa secara khusus adalah para siswa dapat meningkatkan minat dan bakatnya dalam menulis dan menggungkap sesuatu yang ia lihat, dengar dan rasakan selama hidupnya serta membawa citra positif terhadap diri, sekolah dan keluarganya sedangkan tujuan secara umum adalah para siswa merupakan gerbong utama dari suatu generasi muda yang mempunyai posisi dan peran strategis dalam pembangunan yang akan menentukan arah dan tujuan suatu negara dimasa datang, artinya masa depan suatu bangsa dan negara ditentukan dari kesiapan dan kemampuan serta kualitas dari para siswanya.

Sedangkan bagi kejaksaan sendiri sambung Sudarso tujuan dari kegiatan tersebut secara khusus memeriahkan HBA ke-58 Tahun 2018 dengan melibatkan pihak lain dalam hal ini para siswa yang ada di kota Manado dan secara umum Kejaksaan dapat mengintrospeksi diri dengan melakukan perubahan-perubahan atau inovasi-inovasi untuk meningkatkan kinerja Kejaksaan kedepan sebagai sebuah Lembaga Pemerintah yang melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan serta kewenangan lain yang diberikan oleh Undang-Undang.

Lomba ini diikuti oleh empat belas orang peserta yang berasal dari perwakilan SMA/SMK di Kota Manado, yakni 2 peserta dari SMAN 9 Binsus Manado, 1 peserta dari SMAN 1 Manado, 2 peserta dari SMAN 3 Manado, 1 peserta dari SMAN 2 Manado, 2 peserta dari SMAN 4 Manado, 2 peserta dari SMKN 4 Manado, 2 peserta dari SMAN 7 Manado, dan 2 peserta dari SMAN 8 Manado. Setiap peserta lomba datang di dampinggi oleh guru yang di utus oleh sekolah masing-masing.

Adapun ketentuan dalam Lomba Pidano tersebut antara lain : Peserta wajib menyususun sendiri naskah pidato sesuai dengan tema lomba “Semangat Kejaksaan Mengabdi Bagi Bangsa”; durasi pidato 10 menit;  peserta wajib menggunakan seragam sekolah yang berlaku pada saat itu ; kriteria penilaian lomba meliputi vocal (25%), kesesuaian substansi pidato dengan tema lomba (30%), sistematika pidato (25%) serta mimic dan gesture (20%).

Bertindak sebagai dewan juri adalah Ibu Oldrie Chaterine Sorey, SPd, Bapak Ishak Mantouw, S.Pd dan Koordinator pada Kejati Sulut Bapak Bobby Ruswin, SH.MH.

Yang menjadi pemenang dalam Lomba tersebut adalah sebagai berikut : Juara  Pertama Tirsa P. Rawung (16 Tahun) utusan SMA Negeri 1 Manado, Juara ke dua Lala Ayu Miranda (17 tahun) utusan SMA Negeri 8 Manado dan Juara ke tiga Kalista Lumente (17 Tahun) utusan SMA Negeri 2 Manado..

Semua Pemenang mendapatkan tropy dan uang pembinaan dari Panitia HBA, sebagai wujud partisipasi dan peran serta para siswa dalam memeriahkan HBA ke-58 Tahun 2018. (Kasi Penkum Kejati Sulut)

No Response

Leave a reply "Kejati Sulut Gelar Lomba Pidato Tingkat SMA/SMK Dalam Rangka HBA KE-58 TAHUN 2018"