Kajati Sulut Pimpin Upacara Hari Lahirnya Pancasila

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Utara (Sulut) M. Roskanedi, SH menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018, hari Jumat  tanggal 1 Juni 2018 pukul 08.00 Wita  bertempat di halaman depan Kantor Kejaksaan Tinggi Sulut.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini, diikuti oleh Para Asisten, Para Koordinator, Kepala Kejaksaan Negeri Manado, pegawai di lingkungan Kejaksaan Tinggi Sulut dan  Kejaksaan Negeri Manado.

Dalam Upacara tersebut Kajati Sulut M. Roskanedi, SH membacakan Sambutan Presiden Republik Indonesia, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin.

Dengan modal semangat dan energi kebersamaan, kita akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Kita harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif. Kita harus memperkokoh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan. Kita harus melakukan lompatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan tangguh.

Saya yakin semangat berprestasi itu tertanam kuat di dada para atlet kita untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Para-games yang diselenggarakan tahun ini. Saya yakin semangat berprestasi ini juga membara di seluruh lapisan masyarakat dan di seluruh jenis profesi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju, negeri yang baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur.

Pada kesempatan yang mulia ini, saya ingin mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju Negara yang maju dan jaya.

Selamat Hari Lahir Pancasila, Kita bersatu, Kita berbagi, Kita berprestasi, tutup Kajati Sulut M. Roskanedi, SH mengakhiri pembacaan Sambutan Presiden RI.

Penulis/Editor : Kasi Penkum Kejati Sulut

 

Galeri Foto

This slideshow requires JavaScript.