Beri Penerangan Hukum Agar Lurah Dan ASN Terhindar Dari Korupsi

Tim Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Utara (Sulut) memberikan penyuluhan hukum kepada lurah, kepala lingkungan serta Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Kecamatan Mapanget Kota Manado, Rabu (30/5/2018).

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sulut Yoni E. Mallaka SH mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini bertujuan agar para ASN di jajaran Kecamatan Mapanget, para Lurah dan Kepala Lingkungan bisa ikut membantu pihak Kejaksaan dalam program pemberantasan korupsi.

Selain itu, tambah Mallaka, kegiatan luhkum ini juga sebagai bekal pengetahuan soal hukum bagi peserta agar paham dan mengerti akibat dari pelanggaran hukum sehingga tidak ikut masuk dalam persekongkolan kejahatan yang pada akhirnya bisa masuk dalam jerat hukum. “Harapan kami, para peserta bisa paham betul akibat dari pelanggaran hukum serta menjauh dari jeratan hukum itu sendiri,” ujar Yoni E. Mallaka.

Tim Luhkum Kejati Sulut dalam kegiatan ini dipimpin oleh Kasi Penkum Yoni E. Mallaka, SH., bersama tim yakni Kasi E Khathryna I. Pelealu, SH.MH, Reny Hamel, SH, Heskiel Sumombo, SH, Augustinus Nong dan Tertius Lumimbus.

Sedangkan Khathryna Pelealu, SH.MH dalam kesempatan tersebut menyampaikan materi tentang narkotika dan obat-obat terlarang lainnya. Pelealu menyampaikan tentang macam-macam narkotika dan obat-obat terlarang serta dampak hukum dalam penyalahgunaannya.

Menurut Pelealu, saat ini banyak sekali kasus narkotika dan obat-obat terlarang yang sedang di tangani oleh pihak Kejaksaan. Kecamatan Mapanget merupakan daerah yang rawan dilakukan transaksi narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya.

“Sudah ada kasus yang kami tangani  locus delicti-nya (tempat kejadian perkara) berada di Kecamatan Mapanget, oleh karena itu Saya mengajak semua yang hadir di sini agar  bersama-sama mencegah maupun memberantas hal-hal tersebut,” ajak Khathryna Pelealu.

Sementara itu Camat  Mapanget R.A. Heydemans, SE.Ak. M.Si sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas perhatian dari Tim Penkum Kejati Sulut yang telah berkenan mengunjungi dan melaksanakan kegiatan tersebut di Kecamatan Mapanget.

Kecamatan Mapanget menurut Heydemans, merupakan Kecamatan di Kota Manado yang termasuk rawan terjadinya tindak kriminalitas maupun peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya sehingga di butuhkan kerjasama dari semua pihak termasuk di dalamnya aparat penegak hukum bersama jajaran pemerintah kecamatan dan kelurahan untuk mencegah maupun memberantas tindak kriminalitas dimaksud.

“Jajaran ASN di Kecamatan Mapanget juga perlu dibekali tentang tindak pidana korupsi sehingga hal tersebut tidak terjadi di kemudian hari,” ujar Camat Mapanget.

Kegiatan yang dihadiri oleh ASN di Kantor Kecamatan Mapanget, Lurah se Kecamatan Mapanget, Para Kepala Lingkungan tersebut berlangsung dengan baik dan lancar serta mendapatkan sambutan yang antusias dari para peserta.

Pada saat sesi tanya jawab, banyak peserta  yang mengajukan pertanyaan terkait permasalahan-permasalahan baik di bidang pidana maupun perdata yang dihadapi dalam melaksanakan tugas setiap hari dan semuanya dijawab dengan jelas oleh para narasumber.

Di akhir acara para peserta di beri kesempatan secara bergantian untuk melihat alat peraga narkotika dan obat-obat terlarang yang di bawa oleh Tim Penkum.

Penulis : Yoni E. Mallaka

Editor : Yoni E. Mallaka

 

Galeri Foto Kegiatan

This slideshow requires JavaScript.

 

 

 

No Response

Leave a reply "Beri Penerangan Hukum Agar Lurah Dan ASN Terhindar Dari Korupsi"