JMS, Mustari Cs “Bertandang” ke SMP Kristen Madidir

BITUNG – Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) oleh Kejaksaan Negeri Bitung, memberikan Penerangan dan Penyuluhan Hukum di SMP Kristen Madidir Kota Bitung. Kegiatan ini mendapat apresiasi dan sambutan dari para siswa di sekolah tersebut beserta pada tenaga pengajar.

Kedatangan Tim JMS Kejari Bitung yang dipimpin Kasi Intelijen Hi. Mustari Ali SH MH, disambut langsung oleh Kepala SMP Kristen Madidir, Dietje dan para guru serta ratusan siswa/siswi yang mendapatkan Penerangan dan Penyuluhan Hukum, Selasa (27/2).

Kepada para siswa, Mustari memaparkan dan menjelaskan mengenai peran Kejaksaan Republik Indonesia dan sekaligus memberikan pengenalan materi tentang hukum di kalangan para siswa. “Pentingnya siswa-siswi mengetahui dan sadar tentang hukum sehingga pada akhirnya menjadi warga negara yang baik, yang patuh dan taat kepada hukum,”ucapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut mengambil sasaran para siswa agar tahu dan mengerti apa itu hukum, bagaimana penegakan hukum dan sanksi apa yang diterima jika melanggarnya.

Pada sesi tanya jawab, Tim JMS mendapatkan banyak pertanyaan menarik yang diantaranya seputar masalah Narkoba, tak luput juga masalah kenakalan remaja. Semuanya dijawab oleh Tim JMS dengan memberikan penerangan juga pendekatan dengan contoh yang terjadi di sekitar kita.

“Kami memberi apresiasi dan respon positif bagi siswa dan siswi SMP Kristen Madidir yang begitu cukup antusias telah mendapatkan pencerahan dan pengenalan dasar-dasar hukum, sehingga kedepan kita harapkan mereka akan menjadi generasi taat hukum dan terus menularkan kebaikan-kebaikan kepada masyarakat,”tutur Kasi Intel dengan penuh semangat.

Sementara itu, Kepala SMP Kristen Madidir, Dietje sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan berharap kegiatan tersebut dapat terus dilakukan dengan materi-materi hukum lainnya yang berhubungan dengan generasi muda.

“Terimakasih buat bapak Jaksa Kejari Bitung atas pelaksanaan JMS. Kami sangat bersyukur karena selama ini belum ada instansi yang melakukan penyuluhan hukum,”tandasnya.

Selain itu, ia membeberkan, bahwa program JMS sesuai dengan Visi SMP Kristen Madidir. “Religi, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, Integritas adalah visi kami. Tentunya sejalan dengan program JMS yang mengedepankan rasa nasionalisme dan integritas,”pungkasnya.

Dietje pun menambahkan, dengan mengenali hukum, tentunya mentaati segala peraturan dan perundangan-undangan serta mencegah terjadinya tindak kriminal khususnya di Kota Bitung.

“Tentu saja kita berharap dengan program JMS ini, mampu memberikan wawasan dan pengetahuan kepada siswa, serta menjadi benteng diri mereka, agar tidak terlibat hukum maupun pergaulan yang akan merusak diri mereka,”tutupnya.(humas/ryp)